Selamat Datang di Blog Subarkah, Semoga Berkesan

Translate in Your Language

Sabtu, 23 Januari 2010

Bagaimana sih Cara Afiliasi Marketing Bekerja?

Tulisan berikut saya adopsi dari pembelajaran bersama Anne Ahira yang mungkin sudah pada kenal semuanya.kebetulan saat itu saya sempat dapat yang gratisnya  :D , jadi Gw share gratis juga. Karena namanya belajar bersama,makanya mari kita terus bersama belajar di blog ini :D
 Sekarang kita sudah tahu apa yang dimaksud dengan Apa itu Afiliasi, dan tentunya kita ingin tahu BAGAIMANA cara kerja bisnis ini di internet sehingga kita bisa menghasilkan keuntungan!
Dalam bisnis online, semua afiliasi marketer melakukan penjualan melalui ‘link khusus’ atau dikenal dengan istilah ‘afiliasi link’. Afiliasi link ini diberikan oleh afiliasi merchant (pemilik barang/jasa). Cara kerja afiliasi link adalah sebagai berikut:
Misalnya kita menemukan sebuah produk online yang ingin kita jual. Lalu kita melihat website tersebut menawarkan program afiliasi. Setelah kita pelajari ternyata mereka bersedia memberi kita komisi sebesar 50 % untuk setiap penjualan yang kita hasilkan.seperti contoh afiliasi yang saya posting di “Duit afiliasi pertamaku”  :D
Kita kemudian mendaftarkan diri pada afiliasi program tersebut dengan mengisi sebuah form. Biasanya merchant akan meminta kita untuk mengisi  nama, alamat lengkap,  penerimaan ‘cek’ (untuk komisi), email, nomor telepon, dll.
Kita juga akan diminta untuk membaca ‘afiliasi agreement’. Afiliasi agreement adalah sebuah dokumen legal yang mengikat kita dengan afiliasi merchant.Isinya biasa menyatakan kesepakatan kita terhadap syarat dan ketentuan yang ditentukan oleh afiliasi merchant, seperti tidak boleh mengirimkan email spam (email komersial yang tidak diminta oleh pemilik email tersebut).Afiliasi agreement ini penting karena jika kita melanggar syarat dan ketentuan yang telah tertulis di sana, afiliasi merchant bisa menunda pembayaran atau bahkan mengeluarkan kita dari afiliasi program mereka.Nah, setelah kita menyatakan bersedia mematuhi afiliasi agreement tersebut, afiliasi merchant akan memberikan sebuah ‘afiliasi link’ untuk kita. Tugas kita selanjutnya adalah mempromosikan afiliasi link tersebut.

Misalnya saja dengan cara menempatkan link itu di web site kita atau di email signature, dengan harapan ada orang yang akan ‘mengklik’ dan MEMBELI produk/jasa yang kita pasarkan tersebut. Untuk strategi memasarkan link ini InsyaAllah akan saya coba share berdasarkan pengalaman dan hasil baca-baca  bahkan mantra juga boleh  :D (husss bukan klenik lho )..jadi tetap stay tune in Here :D
 Nah, pada saat ada orang yang mengklik afiliasi link kita dan melakukan pembelian, kita akan diberi komisi untuk penjualan tersebut! Tapi dengan syarat  Orang ini HARUS benar-benar melakukan pembelian.Hanya karena seseorang mengklik link afiliasi kita, bukan berarti afiliasi merchant perlu membayar kita. Waah.. bisa rugi dong mereka!  :D
Inilah tantangan sebenarnya dalam dunia afiliasi marketing. Afiliasi merchant melakukan tugasnya menjual dan mengirimkan produk/jasanya pada orang yang membelinya lewat link kita. Sedangkan kita menolong mereka dengan mempromosikan afiliasi link yang mereka berikan.
Setiap afiliasi link biasanya terdiri dari serangkaian angka atau huruf yang unik disertai dengan ‘afiliasi ID’ kita, yang berfungsi mengidentifikasi KITA sebagai satu-satunya orang yang bertanggung jawab terhadap penjualan yang dihasilkan melalui afiliasi link tadi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar